1.
Drop Cap
untuk membuat tulisan seperti bentuk koran, dimana
huruf pertama dalam dokumen akan tampak menjadi besar.
Langkah-langkah menggunakan menu Drop Cap :
a. Klik Tab Insert.
b. Klik Drop Cap, maka akan tampil menu pilihan Drop Cap. Pilih hurus sesuai
kebutuhan.
c. Klik Drop Cap Options untuk melakukan pengaturan lebih lanjut. Pada menu
Font, pilih jenis huruf yang diinginkan. Pada Lines To Drop, tentukan jumlah
baris untuk menempatkan drop cap. Pada Distance From Text, tentukan jarak Drop
Cap dengan teks atau paragraf.
d. Klik Ok.
2. Columns
untuk menentukan mode kolom tulisan
pada setiap halaman/paragraf sesuai kebutuhan.
Langkah-langkah menggunakan menu Columns :
a. Blok tulisan yang akan dibuat kolom. Pembuatan kolom bisa untuk satu
paragraf saja atau semua tulisan yang ada dalam lembar kerja atau sesuai
kebutuhan. Untuk membuat kolom semua tulisan dalam lembar kerja, klik CTRL+A
untuk memblok semua tulisan, atau blok sesuai kebutuhan.
b. Klik Tab Page Layout.
c. Klik menu Columns pada grup Page Stup.
d. Pilih Two untuk membagi menjadi 2 kolom, Three untuk membagi menjadi 3
kolom, Left untuk membagi kolom dengan ukuran lebih kecil dibagian kiri dan
Right untuk membagi kolom dengan ukuran lebih besar dibagian kanan.
e. Untuk edit kolom yang sudah dibuat, ulangi langkah poin b dan pilih more
columns.
f.
Edit kolom sesuai keinginan.
3. Header
untuk menambahkan objek yang
menjadi ciri khas dokumen atau bisa dikatakan sebagai hak cipta.
Footer
sama seperti header, hanya letaknya
dibawah dokumen.
Langkah-langkah menggunakan menu Header dan Footer :
a. Buka lembar kerja MS. Word.
b. Klik Tab Insert.
c. Klik Header untuk menambahkan tulisan yang berada diatas artikel. Klik
Footer untuk menambahkan tulisan dibawah artikel.
d. Ketika Header atau Footer diklik maka akan muncul template pilihan posisi
Header atau Footer.
e. Scroll ke bawah untuk memilih template Header atau Footer.
f.
Tulis catatan atau note pada Header atau
Footer yang sudah dipilih.
g. Untuk keluar dari Header atau Footer, klik menu Close Header Footer.
4. Clip Art
untuk menambahkan gambar kecil
seperti icon bawaan word 2010.
Langkah-langkah menggunakan menu Clip Art :
a. Klik Tab Insert.
b. Klik Clip Art, akan tampil jendela task pane clip art.
c. Klik pilihan organize clips untuk membuka lembar kerja MS. Clip Organizer
yang berisi objek-objek gambar yang dapat disisipkan.
d. Pilih salah satu kelompok gambar yang akan disisipkan.
e. Klik gambar yang akan disisipkan, kemudian geser kedalam dokumen yang
terbuka.
f.
Clip art adalah berupa objek sehingga akan
muncul rotasi untuk megatur ukuran , memutar gambar dan memperbesar atau
memperkecil.
Watermark
untuk membuat gambar transparan pada halaman dokumen yang
disebut sebagai identitas asli dari dokumen.
Langkah-langkah menggunakan menu Watermark :
a. Siapkan dokumen yang akan diberi watermark.
b. Klik Tab Page Layout.
c. Klik Watermark.
d. Pilih gaya dari watermark yang sudah disiapkan.
e. Untuk memodifikasi watemark klik Custom Watermark.
f.
Kemudian klik bagian Text Watermark. Dari
bagian language hingga layout bisa diubah sesuai kebutuhan agar watermark
tampak menarik. Jika sudah klik Ok.
g. Untuk membuat Watermark gambar. Ulangi langkah diatas hingga langkah poin e. Klik Picture Watermark, kemudian klik
select Picture untuk memilih gambar yang ingin dimasukan, klik Ok.
5. Page Border
untuk membuat bingkai halaman.
Langkah-langkah menggunakan menu Page Border :
a. Klik Tab Page Layout.
b. Klik Page Border.
c. Selanjutnya akan muncul menu page border pada jendela Border and Shading.
d. Pada bagian Setting, pilih bingkai yang diinginkan.
e. Buat pengaturan pada style, color, width and art.
f.
Kemudian buat pengaturan pada Apply to.
g. Klik Ok.
6. Smart Art
untuk membuat smart art.
Langkah-langkah menggunakan menu Smart Art :
a. Buka Dokumen yang akan dibuat smart art.
b. Klik Tab Insert.
c. Klik ikon Smart Art.
d. Pilih template Smart art sesuai kebutuhan.
e. Edit smart art sesuai kebutuhan pada SmartArt Tools. Untuk membuat design
smart art, yaitu pada smart art tools menu Design. Untuk mengatur format smart
art, yaitu pada smart art tools menu Format.
7. Insert Footnote
untuk membuat catatan kecil atau catatan kaki.
Langkah-langkah menggunakan menu Insert Footnote :
a. Buka dokumen yang akan diberi Footnote.
b. Kemudian letakkan kursor pada posisi yang dinginkan (yang akan dibuat
footnote).
c. Klik Tab References.
d. Klik Insert Footnote.
e. Kursor akan otomatis dihantarkan pada footnote yang barusan dibuat.
f.
Isi dengan informasi footnote.
g. Untuk membuat footnote lanjutan ulangi langkah diatas.
8. New Comment
untuk menambahkan komentar.
Langkah-langkah menggunakan menu New Comment :
a. Pilih atau blok kata atau kalimat yang akan diberi komentar.
b. Klik Tab Review.
c. Klik New Comment.
d. Ketik catatan atau komentar yang akan diberikan.
e. Kemudian save atau simpan dokumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar