Jumat, 07 Juni 2019

Membuat dan Memodifikasi tabel serta menggunakan rumus sederhana di MS Word 2010




Membuat tabel dalam MS Word 2010 dengan cara menggunakan kotak Dialog Insert Table.
Memasuka  tabel :
1.      Klik lokasi yang akan dimasukan sebuah tabel.
2.      Pada Tab Insert, group table, klik table, arahkan mouse untuk memilih banyaknya kolom dan baris yang diinginkan atau klik Insert Table masukan jumlah kolom dan baris yang diinginkan dan pilih opsi untuk mengatur ukuran table di menu AutoFit Behavior.

3.   Untukk mengatur ukuran lebar kolom atau baris klik pada ruler yang terdapat gambar tabel. Klik dan geser sesuai keinginan.

 Menambah atau menghapus kolom dan baris

51.     Klik kana pada cell yang akan dihapus atau ditambah, klik Insert, klik Insert Rows Above atau Insert Rows Below.

62.      Menambahkan sebuah baris dengan cepat pada akhir sebuah table, dengan menempatkan kursor pada cell terakhir, tekan tombol TAB pada keyboard.

Menghapus sebuah baris                          

  •       Pilih baris yang akan dihapus.
  •       Klik kanan, klii Delete Cell, pilih Delete Entir Row, klik OK.
Menghapus sebuah kolom

  •       Pilih kolom yang akan dihapus.
  •       Klik kanan, klik Delete Cells, pilih Delete Entire Column, klik Ok.
Memformat table

  •       Pilih table.
  •       Tab Design, pilih group Table Style group.


  •       Pilih table style yang diinginkan.
Menggunakan rumus sederhana :
1.   Membaca baris dan kolom pada tabel
·           Setiap kotak pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja excel, yang merupakan gabungan baris (1,2,3, dst) dan kolom (A, B, C dst).
·           Untuk kolom pertama A dan baris pertama 1 disebut sel A1, dan seterusnya.

1     2.   Menggunakan formula pada tabel
·         Misal akan melakukan penjumlahan
·         Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan hasil penjumlahan.
·         Pada table tools, klik layout, klik formula

·         MS Word akan memberikan formula :
a.       =SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada disebelah kanan baris angka.
b.      =SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
c.       Tulisan left atau above pada formula dapat diganti dengan cell reference (A1, B1, C1, dst). Misal ingin menjumlahkan A1 dan B2. Formulanya adalah = SUM(A1,B1). Cara ini bermanfaat untuk penjumlahan cell yang tidak berurutan.
d.      Format formula bermacam-macam dan diawali dengan tanda (=)
ü  =(100+90)
ü  =(=A2+B2)
ü  =SUM(A2;B2)


·         Untuk mengatur format angka, pada Number Format, pilih bentuk format yang diinginkan.
·         Klik OK bila sudah selesai.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal Menu dan Fungsi Menu Ms Excel

A.     Mengenal Microsoft Excel 2010 Microsoft excel merupakan program mengolah angka/data secara otomatis, yang meliputi penghitungan d...